mobile legends

Wajib Tau! Dasar Permainan Mobile Legends

Siapa yang tidak tahu dengan Games online seperti mobile legends, pubg, free fire, dan lain-lain? Tentu Games tersebut sangat menarik perhatian anak muda Indonesia jaman sekarang bahkan mendunia. Dan kali ini saya akan menjelaskan salah satu games online yang sangat populer 4 tahun belakangan ini yaitu Mobile Legends.

Apa Itu Mobile Legends?

Mobile legends adalah game moba pertama yang dikenal sebagai “moba analog” oleh kalangan remaja saat ini. Mengapa disebut demikian? Karena memang mobile legends di design dengan menggunakan analog sebagai penggerak hero yang ingin kita gerakan. Game yang diterbitkan oleh moonton ini merupakan games yang paling populer sehingga pemerintah sudah memberikan kesempatan kepada setiap professional player untuk berkompetisi resmi seperti Piala Presiden dan Sea games tahun 2019 lalu. Mobile legends sendiri punya tournamen liga sendiri yang masih aktif sampai saat ini yaitu, Mobile Legends Professional League atau biasa disebut MPL. MPL memulai debutnya di Mall Taman Anggrek pada tahun 2018 lalu yang disebut dengan MPL SEASON 1 hingga saat ini yaitu MPL SEASON 6 pada bulan Oktober 2020 kemarin.

Role Hero, Fungsi, Serta Kelemahan-nya

1. TANK
Role tank mungkin satu-satunya role yang membosankan, tetapi  tanpa adanya Tanker mungkin core kalian tidak akan bisa farming dengan aman dan tentunya jika core kalian tidak farming dengan aman mungkin gold yang dia miliki akan sedikit dibanding core lawan. Tentunya, menjadi seorang tanker harus memiliki kesabaran untuk menjaga core team. Tugas seorang tanker tentu sangat berat, selain menjaga core, Tanker pun harus menerangkan mini-map atau biasa disebut open map dengan cara berani masuk rumput-rumput.

Tank langganan pick : Khufra, Grock, Johnson, Atlas, Franco

Kelemahan : True damage seperti hero pasif karrie, pasif thunder belt, physical/magical penetration

2. ASSASIN
Tentu banyak sekali beban yang harus ditanggung oleh seorang assassin. Walaupun memiliki burst damage yang sangat tinggi, seorang assassin wajib bermain objektif seperti inisiasi Turtle, Lord dan Turet karena tentunya seorang assassin pasti menggunakan spell Retribution. Tentu seorang assassin harus pintar bermain didalam semak untuk menyulik musuh. Walaupun gagal menculik musuh, biasanya kebanyakan hero assassin dibekali dengan skill escape untuk kabur jika gagal menculik. Mungkin kabar buruknyanya adalah, tidak semua player sanggup bermain asassain karena, role yang satu ini harus dipakai dengan lincah dan gesit. Jadi, tidak heran jika kita melihat beberapa player assassin yang suka menggunakan bedak di jempolnya agar bisa bermain dengan gesit. Apakah kamu salah satu player assassin yang gesit?

Kelemahan : Fighter, Mage burst, Crowd Control

Sedikit membahas apa itu Crowd Control?

Crowd Control atau yang biasa disingkat CC adalah efek stun atau knock up dari beberapa hero yang sudah dibekali oleh moonton. Contohnya, ultimate Franco, pasif Aurora, ulti dan skill 1 Chou, skill 2 Moskov, ultimate Ling, skill 2 dan 3 Ruby dan masih banyak lagi.

3. FIGHTER
Role fighter tentu tidak asing lagi bagi penggemar permainan side line atau yang biasa disebut offlaner/side laner. Seorang yang bermain fighter biasanya bertugas menjaga side lane baik EXP lane atau GOLD lane dan mungkin role yang satu ini termasuk role yang paling santai karena hanya menjaga tower dan menerima info dari midlaner jika musuh menghilang dari lane supaya tidak terkena ganking dari musuh melalui semak-semak. Tetapi, tidak ada beberapa hero fighter yang dijadikan tank oleh player pro seperti Chou, Khaleed, Jawhead dan masih banyak lagi. Side lane pun tidak selalu bicara tentang fighter, ada juga beberapa hero yang non-fighter tetapi kuat menahan ataupun menenekan musuh di side lane. Contohnya Lunox, Esmeralda, Uranus, Gatot Kaca, Alice, dan masih banyak lagi.

Kelemahan: Mage CC,  Marksman late game, necklace of durance (item magic), deadly blade(item-physical)

Sedikit menjelaskan mengapa wajib membeli nod/db, karena kebanyakan hero fighter memiliki lifesteal atau spellvamp yang sangat tinggi baik dari item mereka maupun murni dari hero tersebut, dan tentunya pasif dari nod dan db dapat meng-counter hero fighter karena pasif dari kedua item tersebut dapat mengurangi efek regen sebesar 50%

4. Mage
Pasti pecinta role Mage mayoritas perempuan karena banyak sekali mage yang imut-imut dan menggambarkan karakter perempuan tersebut. Di meta hyper-carry yang sekarang ini, kebanyakan role Mage dijadikan sebagai support mid karena dinilai memiliki damage burst yang besar dan dapat mengganggu bahkan solo kill terhadap core musuh seperti Pharsa, Valir, Kagura, Luo Yi, Vale dan masih banyak lagi. Namun, ada satu hero mage yang dapat dijadikan core karena memiliki damage yang besar dan juga skill escape yang baik, seperti Harith. Dengan skill 2 nya yang non-cooldown jika dilengkapi dengan ultimatenya dan juga blue buff, Harith menjadi satu-satunya mage yang dinilai sangat baik untuk dijadikan core. Ada juga hero mage yang dijadikan offlaner, seperti Lunox, Alice, dan Pharsa.

Kelemahan : Assasin

5. Marksman
Di meta dulu, Marksman atau yang akrab disebut MM most picked di mode ranked karena memang semua MM memiliki damage yang sangat tinggi di late game, namun di meta hyper-carry sekarang ini, beberapa tim lebih memilih assassin untuk dijadikan core karena gaya bermain mereka yang fast game atau mendominasi di early game sampai mid game. Jika memang MM masih menjadi pilihan, mungkin sebaiknya menjaga Gold lane karena dapat farm terlebih dahulu sebelum bergabung war. Mungkin hanya ada beberapa MM yang layak dijadikan hyper-core seperti Claude, Yi-sun-sin dan karrie

Kelemahan : Assasin, Fighter(early game)

6. Support
Sangat disayangkan untuk role Support jarang sekali peminatnya karena memang dinilai memiliki damage yang kurang dan mudah diculik, tentunya kurang memiliki dampak yang menguntungkan untuk tim. Kebanyakan player lebih memilih hero Mage untuk dijadikan “support” mid karena damage dan efek stunnya.  Mungkin kita pernah melihat hero support seperti Rafaela dan nana di kancah MPL yang dimainkan oleh beberapa pro player, tetapi jangan langsung ditiru di mode rank ya guys

Kelemahan : Assasin, Marksman, Mage cc

Lihat Juga : Hiburan Film Terbaik Di Netflix

Kurang lebih seperti itulah  penjelasan tentang Role di Moblie Legends serta counter-conternya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *